Batuk berdahak ,mungkin sobat pastinya sudah tidak asing lagi dengan  batuk berdahak. Disini saya akan share tentang batuk berdahak. Bahwasannya salah satu penyebab batuk berdahak itu diakibatkan oleh adanya inflamasi pada pernafasan atau istilahnya peradangan. Namun peradangan pernafasan juga dapat memicu terjadinya batuk tidak berdahak atau batuk kering.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang batuk berdahak, sebaiknya kita cari tau penyebab penyakit ini. Penyakit batuk dapat disebabkan oleh beberapa factor yakni

•    Virus
Keadaan batuk dahak ini biasanya ditandai dengan virus menyerang flu atau pilek terlebih dahulu. Menyebabkan lendir yang mengalir dari hidung menuju menuju kebelakang tenggorokan.
•    Infeksi pada saluran pernafasan
Infeksi yang biasanya terjadi pada saluran pernafasan bagian atas dan paru-paru ini merupakan penyebab batuk berdahak. Biasanya ini termasuk gejala pneumonia, tuberculosis, sinusitis, dan bronchitis.
•    Meningkatnya asam lambung
Penyakit gastro esophageal reflux disease (GERD)  yang terjadi karena kenaikan asam lambung sampai pada tenggorokan sehingga menyebabkan rasangan batuk.


Batuk berdahak ialah batuk ditandai dengan pengeluaran dahal (sputum) yang berupa lendir dari tenggorokan. Umumnya batuk berdahak dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan obat yang telah diberi resep oleh dokter. Untuk obat yang dapat mengeluarkan dahak disebut ekspektoran. Obat ekspektoran juga dapat merangsang terjadinya batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Berikut termasuk obat ekspektoran yakni ipekak, gliseril guaiakol, amonium klorida dan jenis obat lainnya.

Batuk berdahak biasanya ditandai dengan gejala keluarnya banyak dahak kental dan warnanya hijau kekuning kuningan.Batuk berdahak dapat kita kenali penyebabnya dari dahaknya itu sendiri yakni.
•    Dahak berwarna putih biasanya terjadi akibat terinfeksi oleh virus.
•    Dahak berwarna kuning kehijauan hijauan biasanya disertai dengan demam. Umumnya disebabkan oleh infeksi bacteri. Dan dianjurkan segera diperiksakan ke dokter untuk diberikan antibiotic.
•    Dahak berdarah atau berwarna gelap, gejala ini termasuk kedalam penyakit serius yakni tuberculosis atau kanker.

Berikut obat yang mungkin anda dapat pilih untuk mengobati batuk berdahak
Pililah obat mukolitik yang mengandung zat bromheksin, ambroksol, dan asetilsistein. Tidak jarang produsen obat mencampur obat antitusif dengan ekspetoren. Namun sekaranag produsen obat sudah mulai membedakan zat mana yang seharusnya digunakan untuk batuk berdahak atau batuk kering. Maka pilihlah obat sesuai dengan jenis batuk anda.

Kunjungi juga artikel lain
Mengobati batu berdahak secara herbal.

0 comments:

Post a Comment

 
Top